PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android

Zaman sekarang jaringan internet WiFi menjadi kebutuhan yang penting bagi semua orang. Kenapa begitu? karena semua aktifitas saat ini memang memerlukan jaringan internet. Tetapi tidak hanya internet saja yang dibutuhkan, Selain itu kita juga memperlukan internet yang cepat dan tidak lemot. Oleh karena itu pada artikel ini kami akan membagikan cara mempercepat koneksi WiFi di Laptop dan Android.

Ingin membeli barang maupun makanan saat ini bisa dilakukan secara online. Tentu saja hal tersebut memerlukan jaringan internet. Internet dibagi menjadi dua bagian antara lain adalah internet dari WiFi dan internet dari kartu perdana di Ponsel.

Beberap wilayah di Indonesia juga sudah banyak yang memasang WiFi karena memang lebih irit dan cepat. Tetapi tidak sedikit juga yang mengeluh kenapa jaringan WiF yang digunakan lambat alias lemot.

Lalu bagaimana cara mengatasi WiFi yang lemot? berikut ini merupakan cara mempercepat koneksi WiFi melalui Laptop dan Android.

Keuntungan Koneksi WiFi Yang Cepat

Sekarang jaringan WiFi sudah bisa diakses dimana saja. Biasanya jaringan WiFi yang tersedia berada di lingkungan sekolah, cafe, restaurant, tempat wisata dan kantor. Disitulah tempat yang paling banyak disukai oleh banyak orang.

Karena memiliki jaringan internet gratis dan memiliki koneksi yang cepat dan stabil. Koneksi yang cepat dan stabil dari WiFi tersebut bisa digunakan untuk Live Streaming, nonton film, bahkan download dan upload video dengan kualiitas yang bagus.

Oleh karena itu jika koneksi WiFi dirumah kita lemot pasti akan terasa menyebalkan. Tetapi Anda tidak perlu khawatir dan cemas. Karema pada artikel ini PartnerBisnismu akan membahas cara mempercepat koneksi WiFi hingga 100 Mbps.

Ingin tahu seperti apa caranya? langsung saja simak ulasan yang sudah kami tuliskan dibawah ini.

Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android

Setiap orang ingin memiliki koneksi WiFi yang cepat. Bahkana ada juga yang rela menggunakan cara membobol WiFi untuk mendapatkan jaringan internet yang lebih cepat.

Sekarang Anda tidak perlu membobol WiFi milik orang lain jika ingin mendapatkan koneksi Internet yang cepat. Karena Anda sendiri bisa melakukannya pada jaringan WiFi yang Anda pasang.

Ada 4 cara yang bisa digunakan untuk mempercepat koneksi WiFi. Apa saja? yuk kita simak!

Melakukan Test Kecepatan Broadband

Cara mempercepat koneksi WiFi yang pertama adalah dengan menguji kecepatan Broadband. Cara ini adalah untuk melihat kegiatan apa yang sedang Anda lakukan menggunakan jaringan internet.

Selain itu Uji Broadband ini bisa digunakan sebagai indikator untuk mengetahui keaktifan WiFi yang kita gunakan. Langkah untuk pengujian juga cukup mudah dilakukan.

Bisa menggunakan Speed Test atau bisa juga menggunakan aplikasi yang lainnya. Tentunya harus berhubungan dengan Koneksi WiFi.

Tanpa harus menginstall aplikasi uji kecepatan WiFi Anda bisa melakukannya melalui Browser yang Anda gunakan. Silahkan buka Browser yang Anda gunakan dan masukan kata Speed Test di kolom pencarian. Maka secara otomatis akan menampilkan kecepatan koneksi WiFi yang Anda gunakan.

Memuat Ulang Router

Muat ulang Roter merupakan cara paling favorit yang digunakan pemilik WiFi untuk mempercepat koneksi internet. Karena cara ini memang mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya.

Dengan memuat ulang Router akan memberikan solusi saat WiFi yanf Anda gunakan lemot. Setelah di muat ulang maka akan menjadi Fresh dan lebih cepat jaringa internetnya.

Matikan Router melalui tombol power yang berada di bagian belakang atau mencabut kabel Adapternya. Durasi waktu saat mematikan Router sebentar saja yaitu 1 menitan.

Setelah itu Anda bisa menghidupkan kembali Router WiFi yang Anda gunakan. Setelah itu Anda bisa mencobanya kembali menggunakan jaringan Internet WiFi yang sudah dimuat ulang.

Pasti akan terasa lebih ringan dan cepat. Sekarang bisa untuk bermain game juga atau melihat Youtube tanpa harus buffering.

Mengganti Router

Apabila saat memuat ulang Router tetap saja masih lemot, maka solusi yang lainnya adalah harus mengganti Router yang sudah lama Anda gunakan. Yang harus Anda perhatikan adalah Router yang digunakan untuk mengganti memiliki spesifikasi yang lebih baik.

Apabila Anda berlangganan dengan penyedia layanan WiFi terbaik maka Anda bisa mendapatkan router gratis dari penyedia WiFi tersebut. Dan Anda hanya cukup membayar ongkirnya saja.

Flushing DNS dan Network Reset

Cara mempercepat koneksi WiFi di android dan laptop yang selanjutnya yaitu dengan reset network dan flushing DNS. Tujuannya yaitu untuk membersihkan cache yang terdapat pada jaringan WiFi tersebut.

Dengan Network Reset dan Flushing DNS bisa dipastikan koneksi WiFi akan lebih cepat dan stabil. Untuk cara melakukan Flushing DNS bisa mengikkuti tutorial yang ada di bawah ini.

  1. Ketikan Windows + R dan masukan kata Command Prompt lalu klik ok.
  2. Setelah itu masukan kata ipconfig/flushdns lalu tap enter.
  3. Jika sudah ketik ipconfig/renew untuk memperbarui settingan DNS nya.
  4. Tutup command prompt dan silahkan hubungkan ulang jaringan WiFi dirumah Anda.
  5. Selesai.
Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android
Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan Android

Itulah cara mempercepat koneksi WiFi menggunakan Laptop dan HP Android. Gimana Sob? gampang kan caranya? yuk langsung saja dipraktikan sendiri dirumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *