PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Cara Membuat Makalah yang Profesional dan Terstruktur

Cara Membuat Makalah yang Profesional dan Terstruktur

Mengetahui cara membuat makalah yang benar tidak hanya wajib menggunakan informasi kredibel sebagai sumber referensi, tapi juga penulisannya harus rapi dan terstruktur. Terlebih jika isinya diharuskan memuat banyak data-data penting.

Karya tulis tersebut merupakan sebuah bentuk dari kerangka pemikiran penulisnya yang bersifat ilmiah dan penuh dengan gagasan. Oleh sebab itu, proses pembuatannya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan harus berurutan.

Cara Membuat Makalah yang Profesional dan Terstruktur

Makalah yang baik harus dibuat agar mampu menerjemahkan gagasan dari penulisnya, sehingga mudah dipahami oleh orang lain sebagai sumber informasi. Selengkapnya, simak langkah-langkah membuat karya tulis tersebut di bawah ini.

  1. Temukan ide atau gagasan sebagai topik pembahasan

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai menyusun makalah adalah mencari topiknya sebagai bahan pembahasan. Yang harus diperhatikan adalah, tema tersebut sangat mempengaruhi proses penyusunan karya tulis tersebut ke depannya.

Kamu bisa berdiskusi dengan mereka yang dianggap memiliki keahlian dalam menyusun ide atau gagasan untuk karya tulis seperti guru, dosen, atau mungkin teman. Setelah berhasil menemukan topik, mulai mencari judul.

  1. Gunakan judul yang sesuai dengan isi

Judul sangat penting bagi sebuah makalah karena menjadi bagian awal yang akan dibaca. Kamu juga bisa menggunakan kalimat formal tanpa meninggalkan kesan estetik dan menarik, sehingga akan tetap terlihat ilmiah.

Usahakan agal judulnya sesuai dengan isi agar tidak membingungkan pembaca. Penulisannya juga harus jelas dengan disertai informasi berupa data dan fakta, yang berasal dari sumber-sumber kredibel sehingga keabsahannya bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Kumpulkan sumber-sumber terpercaya sebagai bahan referensi

Cara membuat makalah berikutnya adalah mulai dengan mengumpulkan berbagai jenis informasi yang terkait dengan isi atau bahasan karya tulis tersebut sebagai referensi. Sumbernya bisa berasal dari buku, jurnal, dan blog.

Karena berasal dari berbagai sumber, pilih dan teliti dengan seksama kredibilitas dan kebenarannya agar bisa dipertanggungjawabkan. Jika ragu, kamu bisa mengajak seseorang yang paham dengan hal-hal tersebut agar meminimalisir kesalahan.

  1. Tulis dengan gaya kalimat formal dan terstruktur

Setelah sumber-sumber terpercaya telah didapatkan, langkah selanjutnya adalah mulai menyusun kalimat demi kalimat dengan gaya dan intonasi formal. Hindari penulisan secara bebas karena makalah merupakan karya ilmiah sebagai sumber informasi.

Kalimat-kalimat tersebut kemudian disusun secara urut dan terstruktur, sesuai dengan kaidah baku dalam penyusunan sebuah karya tulis ilmiah. Usahakan agar membuat kerangka tulisannya terlebih dahulu dan jangan lewatkan proses penyuntingan.

  1. Lakukan proses penyuntingan untuk meminimalisir kesalahan

Salah satu bagian akhir cara membuat makalah adalah melakukan penyuntingan dari tulisan yang ada. Proses tersebut harus dilakukan dengan teliti agar meminimalisir kesalahan penulisan seperti tanda baca, kalimat, dan sebagainya.

Penyuntingan tersebut tidak hanya membuat sebuah makalah enak dibaca, tapi juga terlihat profesional dan menunjukkan kredibilitas dari penulisnya. Itulah mengapa hal satu ini jangan sampai terlewatkan dalam setiap proses penulisan.

Kenali Urutan Struktur dalam Sebuah Makalah

Setelah mengetahui langkah-langkah membuat makalah seperti di atas, selanjutnya adalah memahami bagaimana caranya agar semua bahan tersebut bisa disusun secara urut dan terstruktur. Mulai dari awal pembuka hingga akhir penutup.

Urutan tersebut dimulai dari cover atau sampul depan. kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, isi yang menjadi topik utama, penutup, dan keterangan daftar pusaka. Semua harus disusun urut agar mudah dipahami.

Menuangkan ide hingga menjadi sebuah karya tulis seperti di atas memang tidak mudah. Tidak hanya harus disajikan secara urut, penulis juga harus menguasai tata cara membuat makalah yang sesuai dengan aturan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *