Tata Cara Sholat Subuh Secara Rinci

Labeerweek.com – Tata cara sholat subuh merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh umat islam. Sholat Subuh adalah salah satu ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan pada waktu fajar, saat langit mulai terang dan matahari belum terbit.

Sholat Subuh memiliki nilai spiritual yang tinggi dan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara rinci cara sholat Subuh agar dapat melaksanakannya dengan benar dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Tata Cara Sholat Subuh Secara Rinci

  1. Persiapan Sebelum Sholat

Sebelum melaksanakan sholat Subuh, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

  • Bersihkan diri

Mandi wajib atau wudhu adalah syarat yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan sholat. Membersihkan diri secara fisik juga membantu membersihkan hati dan pikiran.

  • Memilih tempat yang tenang

Pilihlah tempat yang tenang dan nyaman untuk melaksanakan sholat. Pastikan tempat tersebut bersih dari gangguan dan terbebas dari segala macam gangguan.

Baca Juga: (Tata Cara Sholat Idul Fitri Sesuai Kaidah)

  1. Niat

Setelah melakukan persiapan, tata cara sholat Subuh sah adalah mengucapkan niat dengan ikhlas di dalam hati. Niat yang tulus dan ikhlas merupakan langkah awal yang penting dalam melaksanakan sholat dengan benar. Berikut niat yang harus dibaca “Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa”

  1. Takbiratul Ihram

Sholat Subuh dimulai dengan takbiratul ihram. Setelah takbir pertama, angkatlah tangan ke telinga dan ucapkan “Allahu Akbar” dengan khushu’ dan khusyuk. Takbiratul ihram menandakan memasuki gerakan-gerakan sholat.

  1. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, bacalah doa iftitah dengan khushu’ dan memperhatikan maknanya. Doa iftitah adalah doa pembukaan yang memuliakan dan memuji Allah SWT.

  1. Membaca Al-Fatihah
Baca juga  Cara Mengembalikan Indra Penciuman Agar Cepat Sembuh

Setelah doa iftitah, bacalah Surah Al-Fatihah, surah pembuka Al-Quran, dengan khusyuk. Surah Al-Fatihah harus dibaca dalam setiap rakaat sholat sebagai bacaan wajib.

  1. Membaca Surah Lainnya

Setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surah lain dari Al-Quran. Surah ini dapat dipilih sesuai dengan kemampuan dan hafalan Anda. Memilih surah-surah yang panjang atau pendek merupakan pilihan yang bisa disesuaikan.

  1.  Rukuk

Setelah selesai membaca surah, rukuklah dengan khusyuk. Rukuk adalah membungkukkan badan dengan tangan menempel di paha dan membaca dzikir “Subhanallah Rabbiyal ‘Azim” sebanyak tiga kali atau lebih.

  1. I’tidal

Setelah rukuk, luruskan kembali badan dan angkatlah tangan sejajar dengan bahu sambil membaca “Sami’allahu liman hamidah, Rabbana lakal hamd”.

  1. Sujud

Setelah i’tidal, lakukan sujud dengan khusyuk dan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Dalam sujud, bacalah dzikir “Subhanallah Rabbiyal A’la” sebanyak tiga kali atau lebih.

  1. Duduk di antara Dua Sujud

Setelah sujud, duduk di antara dua sujud dengan tenang. Bacalah dzikir seperti “Rabbighfirli” atau doa-doa lainnya.

  1.  Sujud Kedua

Setelah duduk di antara dua sujud, lakukan sujud kedua dengan khusyuk dan konsentrasi penuh. Bacalah dzikir “Subhanallah Rabbiyal A’la” sebanyak tiga kali atau lebih.

  1. Tasyahhud dan Salam

Setelah sujud kedua, lakukan tasyahhud dengan membaca tasyahhud dan doa keselamatan. Kemudian, putar kepala ke kanan dan ke kiri untuk memberikan salam kepada malaikat yang hadir di sisi kanan dan kiri.

  1. Bacaan Setelah Sholat

Setelah salam, dianjurkan untuk membaca dzikir dan doa-doa setelah sholat seperti dzikir pagi, membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, serta membaca doa perlindungan dan permohonan ampunan.

Mengikuti tata cara sholat Subuh dengan penuh khusyuk dan khushu’ merupakan langkah yang penting dalam memperkuat ikatan Anda dengan Allah SWT. Sholat Subuh adalah waktu yang paling suci dan memberikan energi positif untuk memulai hari. Melalui sholat ini, umat muslim dapat mendapatkan ketenangan, keberkahan, dan petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan komentar