PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Asuransi Kesehatan Terbaik: Refrensi dan Ciri-Cirinya!

Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang dapat memberikan penggantian biaya kesehatan apabila pemegang polis tersebut dirawat di rumah sakit karena mengalami sakit ataupun kecelakaan. Jumlah nominal penggantian biaya disesuaikan dengan jumlah tagihan dari rumah sakit dan ada batasan limit tertentu yang didasarkan pada rencana pertanggungan yang diambil.

Asuransi termasuk bagian yang penting dalam mengelola keuangan keluarga. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang pertanggungan kesehatan terbaik seperti apa supaya Anda dapat memilihnya.

Asuransi Kesehatan Terbaik

Cashless

Dengan menggunakan cashless, penggantian klaim asuransi menjadi mudah. Apabila masuk rumah sakit, Anda tidak perlu membayar, tetapi hanya cukup menyelesaikan tagihan saja dengan cara menggesek kartu.

Anda tidak perlu membayar dimuka, lalu kemudian masih harus reimbursement. Akan tetapi, cashless memberi syarat rumah sakit tempat Anda dirawat harus telah bekerjasama dengan pihak Asuransi dan memiliki serta memasang mesin untuk menggesek kartu pertanggungan.

Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Anda harus memilih asuransi yang mempunyai jaringan kerjasama dengan banyak rumah sakit agar Anda dapat menggunakan klaim cashless. Apabila Anda mempunyai rumah sakit langganan, pastikanlah bahwa rumah sakit tersebut telah bekerjama dengan asuransi yang Anda pilih.

Memiliki Plafond dan Premi yang Sesuai

Sebaiknya plafon asuransi kesehatan yang Anda pilih, sesuai dengan keinginan. Apabila skema yang dipilih lebih rendah, maka saat rawat inap Anda harus mengeluarkan biaya tambahan lagi guna menutupi kekurangan yang tidak dijamin oleh asuransi.

Tingginya plafon ini berhubungan lurus dengan besarnya premi. Semakin malah harga kamar di rumah sakit, maka semakin mahal pula preminya. Sesuaikanlah premi tersebut dengan kemampuan Anda.

Asuransi Kesehatan Murni

Pilih asuransi kesehatan yang murni hanya berdiri sendiri, jangan pilih yang merupakan rider asuransi jiwa unit link. Alasannya tentu karena mahal. Dalam unit-link, premi akan terbagi-bagi untuk asuransi jiwa, investas, dan kemudian asuransi kesehatan. Sehingga porsi kesehatan menjadi kecil dan Anda harus membayar lebih mahal apabila ingin mendapat plafon yang lebih tinggi.

Prioritaskan Rawat Inap

Biaya kesehatan meliputu rawat jalan dan juga rawat inap. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah asuransi yang berfokus untuk menanggung biaya rawat inap. Ini dikarenakan rawat inap membutuhkan biaya yang paling besar. Apabila mempunya dana yang lebih, maka Anda juga dapat mengambil tambahanan asuransi rawat jalan.

Tanpa Limit per Perawatan

Tersedia limit ataupun plafon yang akan membatasi jumlah maksimal klaim biaya kesehatan. Biasanya, pertanggungan menerapkan dua jenis limit. Untuk yang pertama yaitu limit gabungan semua perawatan. Sedangkan limit kedua yaitu limit per perawatan.

Sebaiknya Anda memilih asuransi yang menerapkan limit pertama karena biaya per perawatan tidak ada batasnya. HalĀ  ini dimaksudkan agar pemegang polis lebih fleksibel ketika berobat dengan berbagai macam perawatan selama jumlah limit keseluruhan masih ada.

No Auto Debit | Asuransi Kesehatan

Walaupun kelihatannya memudahkan dan umumnya premi akan dibayar bulanan (terlihat lebih ringan), namun Anda perlu berhati-hati ketika melakukan pembayaran dengan metode auto-debit kartu kredit.

Apabila Anda terpaksa memakai metode pembayaran ini karena pertanggungan tidak menyediakan alternatif lainnya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kapan pembayaran akan dimulai dan bagaimana prosesnya apabila ingin berhenti.

Menghindari Asuransi lewat Telpon

Tawaran asuransi kesehatan melalui tele-marketing saat ini mulai banyak bermunculan. Umumnya mereka akan bekerja sama dengan penerbit kartu kredit. Apabila Anda mendapat tawaran ini sebaiknya renungkan terlebih dahulu serta analisa dan lakukan riset jka perlu sebelum Anda mengambil tawaran tersebut.

Masa Tunggu Penyakit

Pada asuransi kesehatan akan ada persyaratan masa tunggu, terdapat beberapa penyakit yang tidak bisa diklaim selama jangka waktu tertentu sejak tanggal berlaku masa asuransi.

Contohnya, pada Cigna. Mereka menetapkan beberapa penyakit yang baru dapat diklaim setelah 12 bulan kemudian, sepertia asthma, TBC, darah tinggi, TBC, jantung, Diabetes Mellitus, dan lainnya. Tanyakan terlebih dahulu kepada pihak pertanggungan jenis penyakit yang masuk ke masa tunggu dan berapa lama waktunya.

Asuransi Kesehatan Keluarga

Biasanya orang yang mengambil pertanggungan kesehatan tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk keluarga. Oleh karena itu pilihlah pertanggungan kesehatan keluarga yang bagus dan juga murah dengan memperhatika:

  1. Asuransi kesehatan terbaik bagi keluarga
  2. Premi keluarga yang lebih murah
  3. Fasilitas cashless keluarga
  4. Asuransi kesehatan yang cocok untuk anak, karena biasanya biaya pengobatan anak yang paling besar.

Referensi Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi Allianz

Jumlah keseluruhan pertanggungan kesehatan pada Allianz satu tahunnya yaitu sebesar Rp 11.250.000 untuk rawat inap. Hal yang menarik yaitu batasan rawat inap pada kamar yang seharga Rp 750 ribu mencapai 180 hari dalam setahun, ini termasuk yang paling tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Akan tetapi, pertanggungan Allianz ini menerapkan limit per perawatan bervariasi yang bergantung pada jenis perawatannya. Sementara itu, tidak ada batasan jumlah keseluruhan limit satu tahun untuk gabungan perawatan. Sistem yang digunakan adalah Cashless.

Asuransi Kesehatan AXA

Asuransi kesehatan pada AXA mempunyai jumlah total premi satu tahunnya sebesar Rp 12.674.000 untuk rawat inap. Walaupun lebih mahal daripada yang lainnya, asuransi AXA ini tidak mempunyai limit per perawatan. Perawatan akan dibayarkan sesuai dengan kuitansi, yang dibatasi limit gabungan perawatan sebesar Rp 80.000.000 satu tahunnya.

Tersedia jumlah keseluruhan limit gabungan yang satu tahunnya bernilai sebesar Rp 250 juta per orangnya. Rawat inap dengan kamar yang memiliki harga Rp 750 ribu per harinya, dan maksimal hanya 60 hari satu tahunnya, jumlah ini lebih sedikit apabila dibandingkan dengan Allianz. Sistem yang digunakan Cashless.

Asuransi CIGNA

Cigna Asuransi merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa dan tips usaha yang telah terdaftar serta diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), berdiri sejak 1990 dan merupakan anak perusahaan Cigna Corporation dari Amerika Serikat.

Asuransi kesehatan yang dimiliki Cigna bernama Family EaziCare. Premi pertanggungan ini ditentukan oleh jumlah santunan per harinya dan usia paling tua. Preminya relative murah dan dapat memberi pertanggungan hingga lima orang anggota keluarga.

Manulife

Manulife marupakan salah satu pertanggungan terbaik yang ada di Indonesia dengan menawarkan pertanggungan kesehatan yang adalah rider ataupun tambahan dari asuransi jiwa term-life.

Walaupun bukan pertanggungan kesehatan murni, namun program ini memiliki manfaat menarik yang tidak kalah dengan pertanggungan murni. Jumlah keseluruhan premi satu tahunnya yaitu senilai Rp 9.854.000 untuk rawat inapnya.

Baca Juga:

Asuransi Kesehatan Terbaik: Refrensi dan Ciri-Cirinya!
Asuransi Kesehatan Terbaik: Refrensi dan Ciri-Cirinya!

Penutup

Asuransi Kesehatan saat ini sedang banyak dicari. Kesehatan keluarga s

alah satunya dapat dijaga melalui memiliki asuransi kesehatan. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk menentukan pertanggungan kesehatan terbaik bagi keluarga, premi yang murah dan bagus tentunya.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu, semoga artikel tentang asuransi kesehatan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *