PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Grafik Harga Emas Antam Hari Ini Update Terbaru

Grafik Harga Emas Antam – Investasi emas dianggap paling aman, oleh karena itu banyak orang yang memilih emas untuk dijadikan investasinya. Harga emas memang diyakini tidak akan pernah turun. Namun, apakah benar pernyataan tersebut?

Menurut data historis memberikan fakta bahwa harga emas tidak selalu meningkat. Berdasar survey terbaru majalah Swa edisi Oktober 2013, emas merupakan pilihan utama untuk berinvestasi. Sekitar 50% kelas menengah yang telah melalui surve menempatkan investasinya dalam wujud emas.

Saat ditanya mengapa memilih investasi emas, mereka berpendapat bahwa investasi seharusnya dilakukan pada instrument yang memiliki resiko rendah. Maka dari itu, emas dipandang memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan instrument lainnya, sehingga membuat emas dijadikan sebagai pihan utama.

Baca Juga: Kredit Emas di Pegadaian

Bagaimana Grafik Harga Emas Dunia?

Harga emas dunia ditentukan pada setiap akhir hari, dan kemudian akan di rata-rata untuk memperoleh harga tahunnya. Sebelum tahun 1970, harga emas lebih stabil dan tidak banyak berfluktuasi. Namun, setelah tahung 1970, harga emas cenderung berfluktuasi dengan tajam hingga sekarang.

Harga emas mencapai puncak pertama kali di tahun 1980-an dengan harga US$600, kemudian harga emas merosot hingga posisi paling rendah pada tahun 2000 di harga US$271. Kemudian harga kembali meningkat hingga pada puncaknya di tahun 2012 di harga US 1.600-an. Ini berarti harga emas telah naik hingga 700% dalam waktu 12 tahun terakhir.

Setiap tahun harga emas pasti lebih tinggi dari harga di tahun sebelumnya. Itulah yang menyebabkan apabila ada trend harga emas beberapa tahun ke belakang saja pasti hasilnya menujukkan harga emas yang meningkat luar biasa.

Bagaimana Harga Emas di 10 Tahun Terakhir?

Pada tahun 2013 pertama kalinya harga emas turun cukup drastis dengan harga emas pada bulan Agustus 2013 ada di US$ 1.429. melalui periode tahun 1980 hingga 2000 menunjukkan bahwa harga emas di dunia dapat merosot. Jika dilihat dari sejarah, bukan tidak mungkin jika harga emas itu turun.

Selain itu, harga pada emas dalam grafik yang pada umumnya menjadi patokan ketika melihat perkembangan harga, memiliki kelemahan. Harga tersebut tidak dapat memperhitungkan iflasi.

Maksudnya adalah mungkin saja jika kenaikan harga emas dikarenakan inflasi meningkat, bukan dikarenakan harga riil emas yang naik. Atau bisa juga jika memang naik, seharusnya kenaikannya tidak sebesar itu karena harus diadjust dengan tingkat inflasinya.

Tren Harga Emas Internasional

Setelah harga emas secara riil digunakan, potretnya menjadi berubah. Harga emas yang seharusnya stabil secara nominal, pada kenyataanya tidak stabil. Jika kita melihat dari nilai riilnya, harga emas bisa naik dan juga bisa turun. Fluktuasi yang terjadi lumayan tajam, bahkan pada beberapa periode harganya merosot jauh.

Trend harga emas telah menunjukkan pola “mean reversion” yang berarti istilah statistik yang menunjukkan jika harga akan cenderung kembali ke tingkat nilai rata-rata. Sehingga, apabila harga naik atau turun (menjauh dari nilai rata-rata), maka jika tiba saatnya harga akan berbalik arah naik atau turun, kembali ke tingkat harga rata-rata.

Apakah Harga Emas Dunia Naik atau Turun Hari ini?

Harga emas internasional ditentukan oleh mata uang US$, sehingga harga emas lokal pun juga berpengaruh pada nilai tukar rupiah terhadap US$. Apabila diasumsikan dengan harga tetap, maka melemahnya nilai tukar rupiah akan membuat harga emas lokal juga semakin tinggi. Dan sebaliknya.

Sehingga, prediksi harga emas yang ada di Indonesia dientukan oleh dua hal:

  1. Perkembangan harga emas di Internasional
  2. Nilai tukar rupiah terhadap US$

Kedua hal ini saling berkaitan untuk membentuk harga emas nasional. Kondisi inilah yang membuat makin sulit untuk melakukan prediksi harga emas esok. Memprediksi harga emas di esok hari saja sudah cukup sulit, apalagi ditambah dengan mengetahui kemana arah nilai tukar rupiah bergerak. Jadi, menentukan harga emas meningkat atau menurun hari ini, mustahil untuk dilakukan secara akurat dan konsisten.

Harga Emas Naik di Tahun 2020

Seperti yang telah kita ketahui bahwa harga emas di tahun 2020 meningkat secara tajam. Faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi tak lain karena kekhawatiran akan pandemi yang sedang terjadi menyebar sangat cepat dan banyak menimbulkan korban jiwa.

Karena kekhawatiran inilah sehingga membuat orang untuk mencari aman. Salah satunya dengan meningkatkan investasi pada emas.

Bagaimana Grafik Harga Emas Antam dan Emas Pegadaian di 10 Tahun Terakhir?

Di negara Indonesia sendiri, acuan utama untuk harga emas batangan yaitu Antam sebagai produsen Logam Mulia terbesar.

Ada beberapa hal yang harus diketahui yaitu:

  1. Trend harga emas pada 2 tahun terakhir mengalami peningkatan.
  2. Harga emas sangat dipengaruhi oleh situasi ekonomi secara global. Pada saat terjadi goncangan ekonomi, maka harga emas akan meningkat secara tajam.
  3. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa walaupun banyak orang yang menganggap bahwa emas antam dan pegadaian aman, namun fluktuasi harga tetaplah terjadi. Contohnya pada 5 tahun terakhir, atau bahkan sejak tahun 2000-an yang lalu.

Fluktuasi Pergerakkan Kurs Emas

Walaupun tren harga emas menurun, namun emas masih tetap merupakan instrument investasi yang penting. Selain itu, emas juga harus tetap ada pada koleksi asset investasi. Lalu bagaimanakah cara untuk menghadapi fluktuasi harga emas? Caranya yaitu:

  • Tetap memastikan alokasi portofolio

Anda harus memastikan instrument yang dimiliki terdiversifikasi dengan baik. Pastikan juga supaya tidak terkonsentrasi di satu instrument saja. Walaupun diyakini memiliki resiko rendah, ada lebih baiknya jika tidak menempatkan mayoritas simpanan pada instrument emas saja.

  • Melakukan pembelian Cost Averaging

Lebih baik Anda melakukan pembelian emas secara rutin dan dalam jumlah tertentu. Hal ini akan membuat harga emas yang Anda beli berada pada kisaran harga rata-rata. Tujuannya tak lain untuk meredam kerugian apabila suatu saat nanti harga emas anjlok.

  • Melakukan perhitungan terhadap resiko kredit emas

Pembelian emas bisa dilakukan secara kredit. Secara kredit berarti ada bunga yang harus dibayarkan. Anda harus memperhitungkan dengan teliti antara biaya bunga yang harus dibayarkan dengan kemungkinan meningkat atau menurunya harga emas, karena apapun yang terjadi pada harga emas, bunga kredit wajib terus dibayarkan.

  • Berhati-hati pada tawaran investasi emas

Saat ini ada banyak sekali tawaran mengenai investasi emas. Perlu Anda ketahui bahwa tawaran investas yang  berasumsikan jika harga emas akan selalu meningkat ini patut Anda hindari atau dipahami terlebih dahulu secara mendalam sebelum Anda ikut serta. Apalagi di atas sudah dijelaskan bahwa harga emas tidak selalu meningkat hingga mungkin juga mengalami penurunan.

Baca Juga: Reksadana: Pengertian, Produk, Jenis, dan Laporan

Grafik Harga Emas Antam Hari Ini Update Terbaru
Grafik Harga Emas Antam Hari Ini Update Terbaru

Kesimpulan

Emas selalu dijadikan investasi yang menarik karena resikonya yang dianggap kecil sehingga banyak orang tertarik. Emas dijadikan pilihan. Namun, sebaiknya jangan memiliki pandangan bahwa harga emas akan terus meningkat. Tetaplah berhati-hati dan terus perhatikan karena pada kenyataan yang telah terjadi tidak selalu demikian.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang Grafik Harga Emas Antam, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *