PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Review Kredit Pintar dan Cara Pengajuannya

Kredit Pintar merupakan salah satu pinjaman online yang paling sering dalam beriklan. Agar lebih mengetahui mengenai pinjaman online ini, cara pengajuan, dan tingkat bunga, kami akan memberikan review Kredit Pintar.

Bisnis pinjaman online yang ada di Indonesia ini telah berkembang dengan sangat pesat pada 2 tahun belakangan ini. Data menunjukkan bahwa telah terdapat lebih dari 100 perusahaan P2P lending yang terdaftar pada OJK. Tidak hanya terdaftar, namun juga aktif dalam memberikan pinjaman online dengan akumulasi pencairan yang mencapai Rp 36 Tr.

Selain itu, data juga menunjukkan bahwa Kredit Pintar ini merupakan aplikasi pinjaman online yang paling banyak terunduh pada Google Playstore.

Review Kredit Pintar

Sejak bulan Mei tahun 2018, Kredit Pintar yang bernama PT. Kredit Pintar Indonesia telah terdaftar pada OJK sebagai P2P Lending. Sejak saat itu, pertumbuhan pinjaman pada platform ini tumbuh dengan  pesat.

Menurut data yang ada pada platform P2P Internasional Mintos, PT Kredit Pintar Indonesia telah mencairkan dana sebesar 4.5 juta pinjaman. Dan memiliki nilai sebesar US$ 300 juta atau sekitar Rp 4 TR hingga bulan Maret 2019.

Jumlah tersebut terbilang fantastis mengingat PT Kredit Pintar baru saja beroperasi pada kuartal I tahun 2018. Kurang dari satu tahun, pinjaman yang mereka berikan telah tumbuh berkali lipat.

Kredit Pintar mendapat dukungan dari investor institusi asal China dan juga beberapa investor asal Indonesia. China di kenal sebagai negara yang mana memiliki pertumbuhan pinjaman online tercepat.

Pinjaman Kredit Pintar

Pinjaman hanya di berikan melalui aplikasi saja. Oleh karena itu, calon nasabah harus mendownload aplikasi Kredit Pintar terlebih dahulu.

Jumlah pinjaman yang Kredit Pintar berikan yaitu plafon kecil dan memiliki tenor pendek. Jadi, dapat kita sebut bahwa Kredit Pintar ini merupakan jenis pinjaman cash-loan.

Aplikasi ini memberikan tawaran proses kredit yang cepat dan mudah. Nasabah cukup memberikan KTP dan foto selfi saja. Tidak ada jaminan, tanpa kartu kredit, dan tanpa perlu bertemu secara langsung, serta dapat cair dalam waktu 24 jam.

1. Mengunduh Aplikasi Kredit Pintar

Kredit Pintar tidak menerima pengajuan melalui website. Sehingga calon nasabah perlu mempunyai ponsel yang memadai agar dapat mengunduh aplikasi pinjaman online ini, melakukan selfie, dan mengupload KTP.

Ketika mengunduh aplikasi ini, Kredit Pintar akan memintas beberapa akses data pada ponsel milik Anda. Data tersebut antara lain kamera, lokasi, serta memori. Berdasar ketentuan OJK yang terbaru, aplikasi pinjol hanya diizinkan mengambil data kamera, lokas, dan memori saja.

Baca Juga: Home Credit Indonesia: Ini Cara Mengajukan

2. Memilih Pinjaman

Berbeda dari biasanya KTA pada bank, yang mana nasabah dapat memilih sendiri plafond an tenornya. Pada Kredit Pintar telah menetapkan pilihan jumlah pinjaman beserta masing-masing tenornya.

Terdapat 4 pilihan pinjaman online cepat cair yang Kredit Pintar tawarkan, yakni:

  • Pertama. Rp 600 ribu dan 14 hari
  • Kedua. Rp 1.2 juta dan 14 hari
  • Ketiga. Rp 1.2 juta dan 28 hari
  • Keempat. Rp 2.3 juta dan 3 bulan

3. Mengisi Aplikasi

Setelah Anda menentukan pinjaman dan tenor yang diinginkan, maka Anda maju ke langkah selanjutnya yaitu mengisi data. Isikan semua data-data yang Kredit Pintar minta dengan teliti dan berhati-hati. Tujuannya agar pengajuan pinjaman dana Anda di terima.

4. Proses Pinjaman dan Pencairan

Setelah semua data terisi, tekan tombol ajukan pinjaman. Maka dalam waktu 24 jam, hasil pengajuan pinjaman Anda akan diberitahukan melalui online. Apabila mendapat persetujuan, dana akan langsung dicairkan ke rekening bank yang telah Anda daftarkan tadi.

Ada dapat melihat detail pinjaman Anda pada aplikasi Kredit Pintar. Jumlah pinjaman yang Kredit Pintar cairkan, jatuh tempo serta biaya-biaya lain yang terkait.

Pembayaran pinjaman Kredit Pintar dapat nasabah lakukan melalui bank memakai virtual account atau membayar melalui Alfamart dan Indomaret.

Untuk yang melalui bank dapat nasabah lakukan melalui bank BCA, BRI, BNI, dan Mandiri.

Bunga Kredit Pintar

Kredit Pintar memberi bunga yang berbeda tergantung pada jumlah plafon pinjamannya. Terdapat berbagai opsi jumlah pinjaman yang Kredit Pintar tawarkan.

Untuk melakukan perhitungan pada suku bunga ynag Kredit Pintar bebankan, maka ada beberapa hal yang perlu Anda hitung, antara lain:

  • Jumlah dana yang Anda terima pada rekening ketika pencairan.
  • Jumlah pelunasan yang harus Anda bayarkan ketika jatuh tempo.

Melalui melakukan perhitungan memakai angka di atas, maka Anda dapat memperoleh perhitungan suku bunga yang akurat.

Berikut ini beberapa contoh perhitungannya:

  • Pinjaman dana sebesar Rp 600 ribu dan tenor selama 14 hari. Jumlah dana yang cair di rekening sebesar Rp 540 ribu. Jumlah pengembalian pinjamannya sebesar Rp 666 ribu. Jadi, total bunganya 18.92% dan bunga per harinya 1.4%.
  • Pinjaman: Rp 1.2 juta, tenor: 14 hari. Dana cair: Rp 1.080.000. Jumlah pengembalian pinjaman Rp 1.332.000. Jadi, total bunga: 18.92% dan 1.4% per hari.
  • Jumlah pinjaman dana Rp 1,2 juta dan memiliki tenor 28 hari. Dana yang cair di rekening Rp 1.056.000. Jumlah pengembalian pinjaman sebesar Rp 1.392.000. Jadi, total bunganya Rp 24.14% dan bunga per hari sebesar 0.9%.
  • Pinjaman: Rp 2,3juta, tenor: 28hari. Dana cair: Rp 1.955.000. Jumlah pengembalian pinjaman: Rp 2.645.100. Jadi, total bunga: 26.09% dan per hari 0.3%.

Cara Apply Kredit Pintar

Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pengajuan pinjaman dana tunai di Kredit Pintar:

  1. Langkah Pertama. Unduhlah aplikasi Kredit Pintar melalui Google Playstore terlebih dahulu.
  2. Langkah Kedua. Tuliskan nomor ponsel Anda untuk mendaftar.
  3. Langkah Ketiga. Pilih plafon dan tenor kredit yang ingin Anda ambil.
  4. Langkah Keempat. Klik tombol “Izinkan” untuk mengizinkan pengaksesan pada data ponsel Anda guna memproses pengajuan.
  5. Langkah Kelima. Foto KTP Anda menggunakan kamera ponsel.
  6. Langkah Keenam. Lakukanlah Selfi dengan memegang KTP.
  7. Langkah Ketujuh. Inputkan data pribadi yang aplikasi ini minta.
  8. Langkah Kedelapan. Inputkan juga data pekerjaan Anda.
  9. Langkah Kesembilan. Input data tempat tinggal Anda saat ini.
  10. Langkah Kesepuluh. Input data untuk kontak darurat.
  11. Langkah Kesebelas. Inputkan data rekening bank Anda yang akan dipakai untuk pencairan.
  12. Lakukanlah pengajuan dan tunggulah hasilnya hingga beberapa saat.

Baca Juga: UangMe: Pengertian, Cara Pengajuan dan Pembayaran

Review Kredit Pintar dan Cara Pengajuannya
Review Kredit Pintar dan Cara Pengajuannya

Penutup

Kredit Pintar adalah salah satu jasa yang menyediakan layanan pinjaman online. Pinjol ini memberikan tawaran dana tunai yang cepat dan juga mudah melalui aplikasi. Proses pengajuannya hanya dapat di lakukan melalui online. Dan dapat cair dalam waktu kurang lebih 24 jam.

Namun, bunga yang harus nasabah bayarkan lumayan tinggi, yakni sebesar 1% hingga 0.3% per harinya. Besarnya bunga tergantung pada tenor pinjaman yang nasabah ambil. Saran kami, sebaiknya sebelum Anda mengambil pinjaman ini pertimbangkan lagi dengan lebih matang.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang review Kredit Pintar. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *