PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Proposal Studi Kelayakan Bisnis dalam Berbagai Tujuan

Proposal studi kelayakan bisnis akan ditujukan oleh berbagai pihak yang akan kamu butuhkan sebagai pengusaha baru. Selain itu membuat proposal juga menjadi langkah awal kamu untuk menjalankan sebuah ide bisnis.

Seringkali ide-ide yang bermunculan di pikiran membuat kamu segera ingin membuka sebuah usaha baru tanpa memperdulikan hal-hal penting lainnya. Dimana langkah ini adalah langkah sembrono yang bisa mendatangkan kerugian tanpa kamu sadari.

Risiko kerugian memang akan sulit untuk dihindari apalagi dengan ilmu yang kurang dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, disarankan agar kamu membaca banyak ilmu dan wawasan seputar bisnis yang mungkin kebanyakan orang sepelekan.

Bersaing dengan para pedagang lama atau membuka sebuah usaha baru yang unik tidak semudah pikiran kamu. Ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum sampai pada sebuah kesuksesan menjadi pengusaha.

Salah satunya adalah studi kelayakan bisnis yang sampai saat ini masih sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan pebisnis. Bahkan mungkin hal tersebut cukup asing dan baru kamu dengar.

Hal-hal Penting yang Ada dalam Proposal

Laporan dan proposal studi kelayakan bisnis memiliki beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Hal tersebut akan kamu tuliskan dan jabarkan guna memperjelas tujuan kamu dalam membuka usaha tersebut.

Terdapat beberapa poin-poin penting yang akan menjadi pertimbangan oleh para pihak tujuan kamu. Kamu tentu membutuhkan pihak investor, masyarakat, sampai kreditor yang akan membantu kamu mengembangkan usaha kamu tersebut.

Secara singkat hal-hal penting dalam proposal yang perlu diperhatikan adalah latar belakang usaha, alasan dan tujuan jelas dari usaha tersebut, bagian rincian pembahasan, dan terakhir kesimpulan dari proposal.

Masing-masing poin tersebut harus kamu jabarkan dengan sangat jelas agar pihak tujuan yakin mengembangkan usaha bersama kamu. Di dalam rincian pembahasan, kamu bisa menjabarkan biaya-biaya produksi yang dibutuhkan.

Biasanya dalam rincian pembahasan proposal tentang studi kelayakan bisnis terdapat kategori lagi seperti aspek teknik dan aspek ekonomi, segmentasi pasar, dan targeting dari usaha ini. Meski cukup singkat, kamu tetap harus memperhatikan hal-hal penting tersebut.

Baca Juga : Sumber Rujukan Hukum Bisnis Syariah yang Harus Diketahui

Contoh Pembuatan Proposal Studi Kelayakan Bisnis

Kamu bisa melihat contoh penulisan dan pembuatan proposal tersebut secara singkat untuk berbagai tujuan dengan aturan seperti di bawah ini.

  1. Latar Belakang Usaha

Ceritakan apa yang menjadi latar belakang dari mendirikan usaha tersebut. Misalnya kamu membuka sebuah usah tempat makan maka tuliskan “Melihat saat ini banyak anak muda yang akan mencari tempat nyaman dalam menyelesaikan aktivitas baik pekerjaan sekolah sampai tugas kerja, maka kami membuka cafe A di daerah….”

  1. Alasan dan Tujuan Mendirikan Usaha

Melanjutkan contoh dari latar belakang di atas, maka kamu bisa menuliskan alasan dan tujuannya seperti “Adapun tujuan dari berdirinya cafe A ini yaitu 1. …… 2. ……, dst”

Perjelas bahwa ada tujuan yang besar bagi masyarakat sekitar tempat kamu membuka usaha.

  1. Pembahasan

Setelah menyiapkan latar belakang dan tujuan, maka kamu bisa merincikan dengan jelas apa saja yang menjadi kebutuhan dari usaha tersebut pada proposal studi kelayakan bisnis kamu. Misal target pemasaran yaitu anak-anak muda milenial.

Lokasi, fasilitas, ketersediaan tenaga kerja yang terampil, serta sumber bahan baku bisa dijelaskan dalam aspek secara teknis. Untuk aspek ekonomi kamu bisa merincikan biaya bahan baku sampai pembangunan tempat usaha.

  1. Kesimpulan Akhir

Kesimpulan merupakan cerita singkat dari bahasan yang sudah dijelaskan pada setiap poin-poin di atas. Dimana kebanyakan pihak akan membaca bagian ini untuk memperjelas keinginan mendirikan usaha tersebut.

Kamu bisa menyesuaikan langkah-langkah penulisan proposal di atas dengan berbagai tujuan seperti mendirikan usaha makanan ringan dan minuman sekalipun. Kamu akan sangat membutuhkan proposal studi kelayakan bisnis untuk usaha kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *