PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Pinjaman KUR BRI 2020: Cara dan Tips Pengajuannya

KUR BRI merupakan pinjaman bank BRI yang memberikan jalan keluar bagi pembiayaan suatu usaha kecil dan menengah UMKM dari pemerintah. Kelebihan yang pinjaman KUR BRI miliki ini yakni bunga yang rendah sebesar 7% efektif per tahunnya. Berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi yang berkaitan dengan pinjaman KUR BRI 2020.

Pada era globalisasi sekarang ini tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk beralih profesi dari pegawai menjadi seorang pebisnis. Selain karena tidak adanya ikatan tertentu dengan pihak lain, usaha dapat mendatangkan keuntungan yang membuat Anda kaya dalam waktu singkat.

Meskipun terdengarnya sangat mudah, tetapi faktanya tidak semudah itu. Ketika akan mendirikan suatu usaha memerlukan modal dan kemampuan yang mumpuni. Jika tidak terdapat kedua faktor tersebut maka suatu usaha biasanya tidak akan bertahan lama.

Apa itu KUR?

Bagi mengatasi masalah modal dan gap pembiayaan, maka pemerintah Indonesia merilis program KUR atau Kredit Usaha Rakyat sejak tahun 2017.

Tujuan dari KUR sendiri yakni untuk memberikan akses kredit, inklusi keuangan ke pengusaha kecil dan menengah yang selama ini tidak dapat mengajukan kredit ke bank.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan pembiayaan modal kerja dan atau investasi kepada debitur individu ataupun badan usaha yang produktif dan layak tetapi belum mempunyai jaminan tambahan atau jaminan tambahannya belum cukup.

Pinjaman KUR BRI 2020

KUR merupakan kredit yang Bank BRI berikan kepada rakyat kecil supaya dapat memulai sebuah usaha. Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja Bank BRI berikan dengan batas kredit hingga Rp 500 juta. Pilihan kredit tersebut lebih di tujukan kepada usaha mikro, koperasi, dan usaha kecil yang mempunyai usaha produktif.

Terdapat 3 fitur utama dari KUR, yakni:

  • Pinjaman modal kerja dan kredit investasi. Skema KUR yaitu modal kerja dan kredit investasi bagi unit usaha produktif.
  • Target untuk nasabah pinjaman ini yakni pemilik bisnis perseorangan yang memiliki kebutuhan kredit maksimal Rp 500 juta.
  • Bunga yang murah subsidi dari pemerintah dan bebas biaya admin atau provisi. Pinjaman KUR ini mendapat subsidi dari pemerintah dan di jamin oleh asuransi kerugian kredit oleh perusahaan asuransi BUMN.

Pinjaman KUR BRI 2020 ini terbagi menjadi 3 kategori, antara lain:

1. KUR Mikro

KUR Mikro Bank BRI adalah kredit modal kerja atau investasi yang memiliki plafon pinjaman hinga Rp 25 juta tiap debitur. Berikut ketentuan dari produk fitur ini:

  • Memiliki batas maksimum kredit bagi masing-masing debitur yakni Rp 25 juta
  • Jenis kredit: Kredit Modal Kerja (tenor maksimum 3 tahun per debitur), Kredit Investasi (tenor maksimum 5 tahun per debitur).
  • Suku bunga yang berlaku yaitu sebesar 7% efektif setiap tahunnya atau setiap bulan sebesar 0,41% flat.
  • Tidak terdapat biaya administrasi dan provisi

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit BRI, Begini Caranya!

2. KUR Ritel

Kredit Usaha Rakyat BRI jenis kedua ini dapat memberikan pinjaman hingga Rp 100 juta bagi nasabah.

KUR Ritel merupakan kredit investasi atau kredit modal kerja yang akan diberikan ke debitur yang mempunyai usaha layak dan produktif. Minimal plafonnya mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 500 juta setiap debitur. Berikut ketentuan produk fiturnya:

  • Plafon yang KUR Ritel Bank BRI miliki yakni minimum Rp 25 juta dan maksimum Rp 500 juta. KUR ini cocok bagi Anda yang memiliki rencara untuk mengajukan KUR BRI sebesar Rp 100 juta.
  • Jenis kredit: Kredit Modal Kerja (tenor maksimum 4 tahun), Kredit Investasi (tenor maksimum 5 tahun).
  • Suku bunga efektif yang berlaku yakni sebesar 7% per tahunnya.
  • Tidak ada biaya administrasi dan provisi serta jaminan sesuai dengan ketentuan dari pihak Bank BRI.

3. KUR TKI

KUR TKI yakni kredit yang di berikan bagi pembiayaan calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan berangkat ke luar negeri untuk bekerja. Maksimum plafon pinjamannya yakni sebesar Rp 25 juta. Berikut ketentuan produk fiturnya:

  • Besarnya jumlah kredit maksimum sebesar Rp 25 juta atau sesuai dengan cost structure yang sudah pemerintah tetapkan.
  • Suku bunga efektif yang berlaku sebesar 7% setiap tahunya atau 0,41% flat setiap bulannya.
  • Tidak ada biaya administrasi dan provisi.
  • Jangka waktu untuk pelunasan pinjaman yakni maksimal selama 3 tahun atau sesuai dengan kontrak perjanjian kerja.
  • Bagi tujuan negara penempatan Hongkong, Singapura, Jepang, Malaysia, Taiwan, dan Korea Selatan.

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI 2020

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk mengajukan KUR di Bank BRI bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama yakni calon debitur mendatangi salah satu kantor BRI yang terdekat.
  2. Kemudian calon debitur akan diminta untuk melakukan pengisian form aplikasi dan berkas kredit yang di perlukan. Dokumen tersebut antara lain: KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Usaha, dan agunan (contohnya: BPKB apabila jaminan kendaraan).
  3. Calon debitur di harapkan untuk menyerahkan jaminan sesuai dengan kebijakan dari bank. Misalnya seperti BPKB, sertifikat tanah, sertifikat rumah, dan lainnya.
  4. Lalu pihak bank BRI akan memproses aplikasi dan menguji kelayakan usaha calon debitr melalui survey langsung ke lapangan. Jika sesuai dan usaha yang calon debitur jalankan memenuhi uji kelayakan, maka bank BRI akan menyetujui pemberian kredit pinjaman.
  5. Setelah itu, calon debitur di minta untuk menandatangani kontrak perjanjian kredit pinjaman dengan bank BRI.
  6. Kemudian pihak Bank BRI akan mencairkan dana kredit pinjama tersebut yang umumya akan langsung di kirimkan ke rekening peminjam.
  7. Setelah menerima dana pinjaman tersebut, debitur harus melakukan cicilan setiap bulannya dengan jumlah pokok cicilan. Selain itu juga beserta bunga yang telah di sepakati pada awal perjanjian.

Secara umum untuk proses pencairan pinjaman ini memerlukan waktu 7 hingga 14 hari kerja sejak pihak BRI melakukan survei.

Tips Pengajuan Pinjaman BRI Disetujui

Berdasar dari pengalaman debitur yang pengajuan pinjaman KURnya mendapat persetujuan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Pastikan bahwa tujuan kredit tersebut untuk usaha atau bisnis, bukan untuk konsumsi.
  2. Pastikan juga bahwa Anda mempunyai usaha sendiri yang akan di ajukan untuk kredit. Jangan memakai usaha orang lain untuk pengajuan pinjaman KUR.
  3. Tidak sedang mengambil kredit usaha pada tempat lain
  4. Memiliki izin usaha
  5. Khusus untuk KUR Ritel, pastikan bahwa Anda memiliki jaminan, karena bank akan meminta calon peminjam untuk menyerahkan jaminan kredit.
  6. Terdapat aktivitas usaha

Baca Juga: Bunga Pinjaman Bank BRI ( Bank Rakyat Indonesia )

Pinjaman KUR BRI 2020: Cara dan Tips Pengajuannya
Pinjaman KUR BRI 2020: Cara dan Tips Pengajuannya

Penutup

KUR merupakan program dari pemerintah untuk membanut pengusaha kecil dan menengah. Tujuannya yakni untuk mengatasi permasalah kekurangna modal pada pengusaha UMKM.

Dengan bunga sebesar 7% efektif satu tahun, program KUR ini sangat menarik. Akan tetapi, terdapat beberapa persyaratan dan ketentuan dokumen yang wajib calon peminjam penuhi agar pengajuan dapat di terima dan disetujui.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang pinjaman KUR BRI 2020. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *