PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Pengertian Komunikasi Bisnis Serta Tips Menguasainya

Belum banyak orang yang memahami pengertian komunikasi bisnis. Padahal bagi calon pebisnis sukses, memahami hal ini sangatlah penting. Karena komunikasi bisnis sangat membantu proses pencapaian tujuan bisnis.

Tentu kamu sudah memahami bahwa untuk menjalankan bisnis tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Karena jika keliru dalam menjalankan bisnis bisa membawa kamu pada kerugian yang besar.

Oleh karena itu banyak orang mempelajari ilmu bisnis untuk menjadi seorang pebisnis sukses. Salah satunya adalah dengan mempelajari ilmu komunikasi bisnis. Mungkin kamu juga sedang mempelajari ilmu yang satu ini.

Tidak perlu khawatir jika kamu ingin mendapatkan pemahaman mendalam mengenai komunikasi bisnis. Karena dalam artikel ini, kami akan menjabarkan pengertian dari hal ini serta tips untuk menguasainya.

Pandangan Para Ahli Mengenai Pengertian Komunikasi Bisnis

Cara termudah untuk memahami pengertian sesuatu adalah dengan melihat pandangan para ahli. Karena mereka telah mendalami ilmu tersebut dan mampu merumuskan pengertian yang tepat mengenainya.

Sehingga dengan begitu kamu akan memiliki pemahaman yang utuh jika belajar pengertian dari para ahli. Berikut ini adalah pengertian para ahli mengenai komunikasi bisnis yang bisa kamu pelajari.

  1. Katz

Katz mendefinisikan komunikasi bisnis sebagai sebuah proses pertukaran pesan, konsep ataupun ide untuk tujuan komersial. Sehingga bagi Katz, tujuan terjadinya perdagangan memiliki peranan penting di dalam komunikasi bisnis.

  1. Rosenbalt

Rosenbalt memiliki definisi yang mirip dengan Katz mengenai komunikasi bisnis. Bagi Rosenbalt, komunikasi bisnis adalah poses pertukaran informasi ataupun ide yang bertujuan mencapai tujuan perusahaan.

Proses komunikasi bisnis dapat dilakukan secara personal maupun tidak. Proses tersebut dilakukan melalui tanda atau simbol tertentu. Sehingga selama tujuan perusahaan tercapai, komunikasi dapat dikatakan berhasil.

  1. Djoko Purwanto

Definisi mengenai komunikasi bisnis menurut Djoko Purwanto bisa ditemukan di dalam bukunya. Ia mendefinisikan komunikasi bisnis sebagai proses komunikasi yang digunakan di dalam dunia bisnis.

Komunikasi ini terdiri dari berbagai bentuk seperti verbal maupun non verbal. Komunikasi bisnis memiliki tujuan untuk mencapai kepentingan bisnis yang dimiliki oleh pelaku komunikasi tersebut.

Tips Untuk Menguasai Komunikasi Bisnis

Selain memahami pengertian komunikasi bisnis, kamu juga perlu belajar untuk menguasainya. Karena memahami pengertian tanpa bisa melakukannya tidak akan bisa menghasilkan banyak dampak bagi bisnis kamu.

Seperti kebanyakan ilmu lainnya, ketekunan adalah kunci untuk bisa menguasai komunikasi bisnis. Namun selain itu, kamu bisa meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis kamu dengan tips berikut ini.

  1. Belajar Menjadi Pendengar yang Baik

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan. Namun untuk mampu menyampaikan pesan dengan baik, kamu harus mampu menjadi pendengar yang baik juga. Oleh karena itu mulailah belajar menjadi pendengar yang baik.

Proses komunikasi yang baik akan berjalan secara dua arah. Untuk mendapatkan respon yang baik dari lawan komunikasi kamu, maka kamu juga harus memberikan respon yang baik ketika mereka menyampaikan pesan.

  1. Perhatikan Bahasa Tubuh

Komunikasi bisnis memang bisa dilakukan secara non verbal. Sehingga banyak orang beranggapan bahwa bahasa tubuh tidak begitu penting di dalam komunikasi bisnis. Namun anggapan tersebut adalah keliru.

Dengan memperhatikan bahasa tubuh, kamu akan belajar cara memberikan ekspresi yang baik. Sehingga meski dilakukan secara non verbal, lawan komunikasi akan tetap merasakan ekspresi dari komunikasi yang kamu lakukan.

Baca Juga: Keuntungan dari Bisnis Ayam Petelur yang Didapatkan

Komunikasi bisnis adalah salah satu aspek yang harus dikuasai oleh pebisnis. Karena hal ini sangat menentukan kesuksesan seorang pebisnis. Oleh karena itu kamu juga harus memperhatikannya.

Dengan mengusai komunikasi bisnis, kemungkinan usaha kamu mencapai kesuksesan akan semakin besar. Sehingga pastikan selain memahami pengertian komunikasi bisnis, kamu juga menguasai ilmu yang satu ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *