PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Laporan Studi Kelayakan Bisnis dan Pihak yang Berkepentingan

Membuat laporan studi kelayakan bisnis dibutuhkan ketika kamu ingin membuka atau mendirikan sebuah usaha. Seringkali ide cemerlang dianggap menjadi faktor utama dalam berjalannya sebuah bisnis baru.

Ide cemerlang memang sangat dibutuhkan, apalagi jika ide tersebut unik dan belum pernah ada maka bisa memiliki peluang cukup besar. Akan tetapi ada faktor pendukung yang perlu kamu perhatikan dan dilakukan seperti studi kelayakan bisnis tersebut.

Hal tersebut tidak bisa kamu abaikan seperti para pelaku usaha atau pengusaha kebanyakan saat ini. Adapun alasannya karena jika usaha yang tengah dibuka menghadapi suatu masalah dapat menemukan jalan buntu sehingga menyebabkan usaha tersebut harus gulung tikar.

Studi kelayakan bisnis ini seringkali juga dianggap sulit untuk membuatnya, padahal sudah ada cukup banyak ilmu dan wawasan yang bisa didapatkan dari berbagai sumber. Kamu harus mengenali terlebih dahulu studi kelayakan bisnis tersebut dan pihak apa saja yang membutuhkannya.

Pengertian dari Studi Kelayakan Bisnis

Banyak orang awam yang tidak menyadari betapa pentingnya sebuah laporan studi kelayakan bisnis karena terdengar asing. Kamu harus tahu betapa pentingnya sebuah studi kelayakan bisnis untuk menentukan keberhasilan usaha kamu.

Adapun maksud dari studi kelayakan bisnis merupakan kegiatan dalam menentukan apakah usaha tersebut layak dijalankan atau tidak. Dalam kegiatan tersebut ada beberapa proses atau langkah seperti melakukan identifikasi masalah sampai gambaran situasi bisnis.

Tujuannya dipakai oleh para pengusaha untuk mengambil tindakan dan keputusan yang tepat. Selain itu menghindari kerugian bagi para pemula menjadi sangat penting karena tidak diinginkan oleh semua pelaku bisnis.

Adapun bidang yang akan diteliti dengan studi kelayakan bisnis ini ada 5 hal yaitu deskripsi pasar, bisnis, kebutuhan teknologi, rincian data finansial dan struktur dari organisasi bisnis, serta terakhir kesimpulan cara memajukan rintisan bisnis tersebut.

Hal yang perlu dipahami oleh para pebisnis awal dalam membuat laporan tentang studi kelayakan bisnis adalah mengenai aspek-aspeknya. Ketelitian sangat dibutuhkan bagi pihak-pihak yang membutuhkan laporan tersebut.

Pihak-pihak yang Membutuhkan Laporan Studi Kelayakan Bisnis

Sebuah usaha akan diputuskan layak berjalan atau tidak setelah dikaji dan kemudian dibutuhkan oleh beberapa pihak seperti di bawah ini.

  1. Pihak Investor

Setelah laporan kelayakan tersebut dinyatakan layak dijalankan maka selanjutnya kamu perlu mencari pihak investor. Dari laporan tersebut kemudian investor akan mengkaji serta mempelajari ulang bagaimana laporan kamu untuk masa depan bisnis yang akan dibangun tersebut.

Pihak investor akan melihat bagaimana keuntungan yang akan didapatkan serta adanya jaminan keselamatan penanam modal pada bisnis kamu. Oleh karena itu pihak investor memiliki keputusan penting untuk membangun bisnis baru kamu.

  1. Pihak Kreditor

Jika investor akan melakukan penanam modal, maka kreditor menjadi pihak untuk kamu meminjam modal bisnis. Hal ini sangat penting karena kamu mungkin saja tidak memiliki modal yang cukup.

Baca Juga : Proposal Studi Kelayakan Bisnis dalam Berbagai Tujuan

Akan tetapi jangan khawatir, jika laporan studi kelayakan bisnis yang kamu bangun sudah tepat dan sesuai dengan pertimbangan dari pihak kreditor seperti bank. Maka pihak kreditor akan menyetujui permintaan kamu.

Oleh karena itu, kamu harus memenuhi beberapa syarat yang dibuat oleh pihak kreditor tujuan kamu. Pihak kreditor dan investor memiliki peranan penting yang akan kamu butuhkan dalam usaha awal kamu tersebut.

Masih ada beberapa pihak lain yang membutuhkan laporan kelayakan bisnis kamu. Dimana laporan tersebut bisa kamu buat dengan membaca berbagai sumber terbaik seperti dari internet, bahkan langkah-langkah membuat laporan studi kelayakan bisnis juga sudah ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *