PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Gadai BPKB Mobil: Rekomendasi dan Tipsnya

Gadai BPKB mobil merupakan suatu cara memperoleh uang tunai secara cepat dengan bunga yang terbilang murah melalui menjaminkan BPKB kendaraan.

Sekarang ini, Anda juga dapat melakukan peminjaman dana melalui fintech pinjaman online. Prosesnya memang cepat, namun bunga yang  mereka berikan juga sangat tinggi.

Cara lain yang bisa kamu pakai yakni dengan menjaminkan asset Anda, seperti mobil, untuk memperoleh pinjaman dana tunai. Bunga yang mereka berikan pun lebih terjangkau.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips ketika hendak melakukan gadai BKPB serta rekomendasi perusahaan yang menerima gadai BPKB.

Apa itu Gadai BPKP Mobil?

Gadai BPKB mobil merupakan salah satu jenis pembiayaan. Cara kerjanya yaitu dengan menjaminkan dokumen kepemilikan kendaraan kepada bank atau perusahaan leasing untuk melakukan penarikan uang kembali.

Terdapat 2 macam gadai BPKP, yakni:

  • Mobil yang telah luans dan BPKP yang telah Anda pegang. Anda membawa BPKB ke bank ataupun perusahaan multifinance untuk Anda jaminkan.
  • Mobil masih kredit. Anda hanya dapat melakukan pengajuan ke bank atau perusahaan leasing tempat Anda melakukan kredit sekarang ini. Jadi, Anda tidak dapat ke tempat lain, untuk memberikan dana tambahan.

Pihak yang memberi pembiayaan akan melakukan beberapa proses berikut ini:

  1. Melakukan penilaian terhadap kemampuan keuangan Anda dalam membayar cicilan pinjaman hingga lunas.
  2. Menilai kendaraan yang akan menjadi jaminan.
  3. Meningkatkan hukum atas kendaraan Anda dalam bentuk perjanjian Fidusia. Supaya ketika Anda melakukan penunggakan, perusahaan pembiayaan tersebut dapat menarik dan melakukan lelang kendaraan. Hasilnya akan mereka pakai untuk melunasi pinjaman Anda.

Daftar Gadai Mobil

1. Adira Finance

Adira Finance termasuk sebagai salah satu perusahaan multifinance yang paling besar di Indonesia. Perusahaan ini terkenal dengan pembiayaan kendaraan mobil dan motor, baik yang baru maupun bekas. Selain itu, juga mempunyai produk refinancing.

Adira merupakan milik Bank Danamon sehingga sumber pendanaannya jadi lebih murah dan bunga pinjaman juga lebih rendah.

2. BFI Finance

BFI Finance adalah perusahaan multifinance yang mempunyai fokus ke gadai BPKB mobil dan motor. Walaupun saat ini perusahaan BFI telah memiliki produk pinjaman yang beragam.

BFI menawarkan pembiayaan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Baik itu yang bersifat konsumtif ataupun yang bersifa produktif.

Baca Juga: Cara Melunasi Hutang yang Semakin Menumpuk

3. KKB BRI

Dalam KKB, BRI memberikan tawaran refinancing. Artinya tawaran untuk memperoleh dana dengan cepat dan menjadikan kendaraan bermotor yang nasabah miliki sebagai jaminannya.

Salah satu keuntungan yang dapat nasabah peroleh ketika mengajukan refinancing di BRI yaitu suku bunga kompetitif. Selain itu, tenornya hingga 4 tahun, serta berlaku bagi semua merk dan tipe kendaraan.

4. BCA

KKB Refinancing BCA merupakan alternatif sumber dana dengan menjadikan BPKB mobil sebagai jaminan untuk berbagai jenis kebutuhan.

Keuntungan yang bisa nasabah peroleh yakni suku bunga yang flat dan fix selama waktu tenor. Jadi, jumlah cicilan tidak berubah selama masa pinjaman.

5. Pegadaian

PT Pegadaian menyediakan kredit dalam jangka waktu tertentu. Jaminan kreditnya berupa gadai BPKB mobil. Kredit ini di tawarkan ke pengusaha mikro dan pengusaha kecil yang sedang memerlukan dana untuk proses pengembangan usaha. Terdapat 2 jenis produk yaitu Kreasi Ultra Mikro dan Kreasi Fleksi.

6. Mandiri Tunas Finance

Mandir Tunas Finance merupakan anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak dalam bidang pembiayaan kendaran bermotor.

Salah satu produk yang mereka miliki yaitu Mandiri KKB Multiguna. Produk ini menawarkan fasilitas pembiayaan untuk pembelian barang dan jasa dengan jaminan kendaran. Jaminan tersebut berupa mobil kategori penumpang dan sepeda motor milik nasabah.

Tips Gadai BPKB Mobil

Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar proses pengajuan gadai mobil bisa lancar dan tidak akan merugikan keuangan Anda.

1. Jenis dan Usia Mobil

Plafon pinjaman dari gadai BPKB ini akan di hitung dari hasil appraisal penilaian atas kondisi mobil. Sebelum memutuskan pemberian kredit, maka pihak leasing ataupun bank akan mengecek fisik dari kendaraan yang akan Anda jadikan sebagai jaminan.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yang akan berpengaruh pada nilai hasil appraisal tersebut, yaitu:

  • Usia Mobil. Semakin tua sebuah kendaraan, nilainya makin rendah pula. Hal ini sangat wajar karena kualitas dari kendaraan akan menurun seiring berjalannya waktu.
  • Jenis Kendaraan. Kendaraan penumpang akan memperoleh nilai yang lebih tinggi daripada kendaraan niaga. Mungkin karena kendaraan penumpang ini kualitasnya lebih baik karena pemilik sendiri yang memakainya.
  • Merk Mobil. Seperti yang kita ketahui, ada beberapa merk mobil yang harganya bekasnya akan sangat anjlok di pasaran. Pihak bank atau leasing juga akan memperhatikan hal tersebut saat melakukan penilaian kendaraan.

2. Proses Kredit

Walaupun terdapat jaminan, bank dan leasing akan tetap mengecek sejarah kredit calon nasabahnya pada BI Checking secara ketat dalam proses pengajuan gadai BPKB ini.

Anda harus memastikan bahwa mempunyai sejarah kredit yang baik. Jangan sampai terdapat catatan menunggak yang parah.

Apabila Anda pernah Kol 5 pada bank, kemungkinan besar pengajuan kredit Anda akan mereka tolak, apalagi jika jaminan pernah tersita.

3. Biaya Pengurusan

Terdapat beberapa biaya yang harus Anda bayarkan ketika persetujan KKB telah bank atau leasing setujui, antara lain:

  • Uang muka sebesar 70% dari nilai mobil Anda. Dan sisanya yaitu uang muka yang harus Anda tanggung sendiri.
  • Pembayaran angsuran pertama saat kredit telah cair.
  • Biaya Asuransi. Terdiri dari asuransi kendaraan dan asuransi jiwa. Jumlanya lumayan besar tetapi ada yang dapat Anda cicil, ada juga yang harus Anda bayar secara langsung di awal.
  • Biaya Administarasi.

Baca Juga: Bunga Pinjaman Bank BRI ( Bank Rakyat Indonesia )

4. Bagaimana apabila menunggak?

Apabila terjadi penunggakan pada pembayaran maka leasing atau bank akan mengambil sejumlah tindakan. Di mulai dari tindakan yang ringan hingga yang terberat.

Berikut ini beberapa tindakan yang akan bank atau leasing lakukan:

  1. Anda akan menerima peringatan dan penagihan melalui SMS, Whatsapp, ataupun telepon.
  2. Anda akan di datangi oleh tim penagihan ke lokasi Anda, baik di rumah atau lokasi tempat Anda bekerja.
  3. Apabila belum melakukan pembayaran, lembaga keuangan akan menyita kendaraan Anda. Dan mereka akan memberi waktu selama beberapa hari untuk Anda melunasi kewajiban pembayaran tersebut.
  4. Apabila telah melewati batas waktu tersebut dan pelunasan masih belum Anda lakukan, maka mobil milik Anda yang mereka sita akan di lelang atau di jual. Kemudian hasil dari penjualan tersebut akan dipakai untuk pelunasan kewajiban Anda.

    Gadai BPKB Mobil: Rekomendasi dan Tipsnya
    Gadai BPKB Mobil: Rekomendasi dan Tipsnya

Penutup

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan akan uang tunai di dalam hidupnya. Lalu bagaimanakah solusinya? Salah satunya yakni dengan menggadaikan asset yang kita punya, misalnya mobil. Sehingga kita bisa menggadaikan BPKB mobil ke pegadaian, bank, ataupun perusahaan leasing.

Sekian artikel dari PartnerBisnismu tentang gadai BPKP mobil. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *