PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

Bisnis Laundry Modal Sedikit Untung Banyak

Bisnis laundry saat ini mulai tumbuh pesat, terutama di kota besar. Dimana, beberapa orang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga, malas untuk mencuci. Area pedesaan juga sudah mulai bergeliat.

Harus diakui, kesempatan mendapatkan keuntungan sangat tinggi. Apalagi sebagian orang mengatakan bahwa, aktivitas tersebut melelahkan dan membosankan. Memang, setelah mencuci kamu harus menyetrikanya. Keduanya, tidak mampu dipisahkan.

Ada yang malas mencuci ada juga tidak suka menyetrika. Inilah peluang yang harus ditangkap dan dijadikan cuan. Menariknya, Indonesia mempunyai dua musim yaitu hujan serta panas.

Saat hujan, langit terlihat mendung dengan begini, kesempatan cucian kering sangat sedikit. Kondisi tersebut membuat ibu-ibu di Rumah lebih memilih laundry. Sudah kering, bau harum dan wangi bertahan lama.

Selain itu, mereka juga menghemat listrik karena, kalau beli mesin cuci. Biaya listrik pasti bengkak. Inilah peluang yang harus dimanfaatkan apalagi, tidak perlu banyak modal dikeluarkan maksimal Rp5 juta.

Memulai Bisnis Laundry dari Sekarang

Jangan menunda keinginan baik tersebut, lakukan sekarang juga. Caranya, tentukan dulu apakah kamu ingin membukan dengan brand sendiri atau franchise. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, lihat serta pertimbangkan.

Jangan terburu-buru menentukan pilihan. Keunggulan menggunakan brand sendiri adalah semua keuntungan akan masuk ke kantong pribadi. Bila bisa berkembang, bukan tidak mungkin dapat melakukan ekspansi bisnis lebih jauh lagi.

Sayangnya, untuk meraih sukses cukup sulit. Karena, belum banyak orang tahu bagaimana kualitasnya. Berbanding terbalik saat memutuskan untuk franchise, kamu bisa mendapat keuntungan walau sedikit. Biasanya pemasaran sudah dilakukan tim.

Tugas kamu hanya memastikan semua baju bersih, rapi, harus, dan wangi. Kekurangan menggunakan franchise adalah tidak mampu menggunakan brand sendiri. Kalau nantinya terkenal cukup merugikan. Oleh karena itu, pertimbangkan benar.

Cari Tempat untuk Bisnis Laundry

Setelah menentukan mau pilih yang mana, langkah berikutnya adalah menentukan tempat atau lokasi. Usahakan strategis dan dekat dengan jalan utama. Agar mudah di cari melalui google maps.

Kalau terlalu ke dalam, akan kesulitan menemukan walau sudah ada papan petunjuknya. Lokasi strategis seperti, dekat perumahan, kost, kampus, perkantoran, swalayan dan masih banyak lagi. Tetapi, perhatikan lingkungan sekitar.

Jika, dalam jarak 200 meter sudah ada usaha laundry, lebih baik jangan. Bila tidak ada lokasi lain bersainglah secara sehat. Dengan hadirnya beberapa fasilitas tambahan yang belum ada selama ini.

Bisnis Laundry dengan Fasilitas Tambahan

Jika, layanan antar jemput sudah digunakan semua orang. Maka, sempurnakan layanan tersebut, agar orang lebih tertarik memakai jasa kamu dibandingkan lainnya. Misalnya, mau menunggu gratis es teh.

Atau gratis pemberian parfum dalam bentuk kecil, atau bentuk kreativitas lain kamu dalam memberikan kenyamanan terhadap para pelanggan. Selanjutnya, harga juga harus diperhatikan. Tidak masalah lebih mahal tetapi, punya poin plus.

Misalnya, hasil cucian benar-benar bersih dan wangi karena, sudah menerapkan pola cucian efektif. Dalam menentukan harga tersebut, tidak ada salahnya mengamati berbagai kompetitor di sana. Jadi, jangan terlalu jauh.

Ada yang mematok Rp3 ribu per kilo, bila memang pelayanan kelas atas setidaknya, kamu memberikan penawaran Rp3,5 ribu saja. Bila terlalu tinggi dari itu bisa saja mereka tidak akan datang.

Untuk menghemat anggaran, jangan memakai produk kiloan seperti yang dibeli di supermarket atau minimarket. Usahakan mencari supplier, dengan kualitas nomor satu. Biasanya, harganya jauh lebih murah dan terpautnya cukup jauh.

Baca Juga : Nilai Penting Perencanaan Bisnis untuk Menjalankan Usaha

Akhir Kata

Langkah terakhir, jangan lupa untuk promosi dan berikan potongan harga atau program menarik untuk menarik mereka. Bisnis laundry menjadi salah satu usaha terbaik yang bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *