PartnerBisnismu

Tempatnya berbagi ilmu tentang apapun yang sedang ingin di curahkan

3 Keuntungan dari Bisnis Ayam Petelur yang Didapatkan

Bisnis ayam petelur di Indonesia sudah cukup banyak dilakukan oleh masyarakat karena berbagai keuntungan yang didapatkan. Bahkan disebutkan bahwa bisnis ini bisa diawali dengan modal yang cukup kecil terlebih dahulu.

Membuka usaha dalam bidang peternakan seperti ayam memiliki cara-cara atau metode yang tepat agar mendapatkan keuntungan. Meski begitu, dalam sebuah usaha tentu terdapat keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Bisnis ayam juga terbagi atas dua yaitu ayam petelur dan ayam pedaging yang akan kamu budidayakan. Sebagai pemilik usaha dari ayam petelur maka kamu tidak perlu kesulitan mencari bibit saat masa panen.

Hal tersebut dikarenakan ayam petelur dapat menghasilkan telurnya sendiri, berbeda dengan ayam pedaging yang harus melakukan pembelian bibit ayam kembali karena dilakukan proses sembelih.

Itu adalah salah satu dari sekian banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari budidaya ayam petelur. Maka kamu tidak salah untuk memilih menjadi seorang pengusaha ternak ayam petelur dengan berbagai keuntungan lain yang akan dibahas kali ini.

Keuntungan Bisnis Ayam Petelur yang Menjanjikan

Sampai saat ini bisnis ini masih sangat menjanjikan di Indonesia bahkan bisa menjanjikan sepanjang masa. Di bawah ini terdapat tiga keuntungan yang paling umum dirasakan oleh para pelaku usaha tersebut.

  1. Pasar Bisnis Luas

Telur banyak digunakan baik rumah tangga bahkan rumah makan di berbagai wilayah di Indonesia. Banyak makanan yang membutuhkan telur ayam sebagai bahan dasar masakannya seperti roti dan kue.

Oleh karena itu, pangsa pasar dari usaha ayam petelur sangat luas dan menjadi keuntungan utama yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan harga telur yang relatif murah membuat banyak masyarakat lebih memilih telur dibanding daging ayam.

  1. Permintaan Tinggi dari Bisnis Ayam Petelur

Keuntungan yang kedua ini sangat berhubungan dengan keuntungan utama yaitu permintaan tinggi dari para konsumen. Telur tidak hanya memiliki harga yang murah namun juga nilai gizinya cukup tinggi.

Adapun salah satu nilai gizi paling penting dari sebuah telur adalah telur mengandung protein yang tinggi. Sehingga membuat telur sangat mudah untuk dikonsumsi dan didapatkan oleh masyarakat di Indonesia.

Jika melihat peluang besar dari permintaan masyarakat tersebut maka prospek ke depan bisnis ayam petelur ini cukup berhasil. Kamu perlu mempelajari lebih lanjut mengenai manajemen dari usaha satu ini.

  1. Dapat Menjadi Modal Usaha Lain

Dari ayam-ayam yang menghasilkan telur hampir setiap harinya, maka ayam akan mengeluarkan kotorannya. Seringkali, kotoran disebut sangat menganggu sampai lingkungan sekitar.

Padahal hal kecil yang dianggap sampah dan menganggu ini juga bisa menjadi modal untuk sebuah usaha baru. Mungkin kamu belum pernah terpikir bagaimana mengubah kotoran ayam tersebut menjadi uang bukan?

Kamu bisa memanfaatkan kotoran ayam untuk kemudian dijual menjadi pupuk kompos atau juga bisa untuk pakan dari ikan lele. Sehingga polusi yang sering dikeluhkan orang sekitar bisa menjadi penghasilan double untuk kamu.

Cara lainnya adalah kamu bisa memanfaatkan tempat ayam berbentuk panggung dengan bagian bawahnya dibuat kolam ikan. Sehingga kotoran akan langsung jatuh ke kolam ikan tersebut.

Baca Juga: Contoh Bisnis Pertanian dengan Modal Minim Untung Banyak

Akhir Kata

Keuntungan-keuntungan dari mengelola usaha bisnis peternakan ayam petelur harus diimbangi dengan manajemen yang baik. Jatuh bangun adalah hal biasa, namun belum tentu dalam jatuh bangun tersebut kamu akan mengalami kerugian yang besar.

Pikiran sempit mengenai kerugian yang akan didapatkan jika tidak berhasil menjalankan bisnis ini seringkali menjadi penghambat bagi calon-calon peternak. Gambaran dari keuntungan ini yang akan mengembalikan semangat kamu mencoba bisnis ayam petelur ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *